[Tugas Jurnalistik 2] Sinopsis Novel

Sinopsis Novel Third Girl by Agatha Christie

Suatu hari seorang wanita muda bernama Norma Restarick mendatangi kantor Poirot untuk berkonsultasi dan meminta bantuan sang detektif terkait dengan kasus pembunuhan, tetapi segera setelah Norma bertemu dengan Poirot dia merasa ragu, karena melihat dari tampang Poirot lalu akhirnya meninggalkan kantor Poirot tanpa mengatakan apapun, kelakuan Norma membuat Poirot menjadi penasaran padanya dan juga pada kasusnya Norma. Dia akhirnya melakukan investigasinya sendiri dengan bantuan kenalannya yang bernama Ariadne Oliver (biasa dipanggil Nyonya Oliver).

Pertama-tama, Nyonya Oliver mendatangi ruangan tempat Norma tinggal bersama dengan teman sekamarnya yaitu Claudia Reece Holland (yang berprofesi sebagai sekretaris dari ayahnya Norma) dan Frances Cary (Dia adalah seorang artis). Saat Nyonya Oliver bertemu dengan mereka,dia mengaku bahwa dia memiliki sedikit urusan dengan Norma tapi kedua gadis ini mengatakan bahwa Norma sedang tidak ada dirumah,mereka meminta Nyonya Oliver untuk datang lagi saja nanti,kedua gadis ini tidak mengatakan yang sejujurnya pada Nyonya Oliver bahwa Norma yang dia cari sudah beberapa hari ini tidak pulang. Setelah Poirot mengetahui kenyataan bahwa Norma telah menghilang, tak berapa lama kemudian, dia menemukan rumah dari ayahnya Norma dan ibu tirinya, disana dia bertemu dengan kenalannya yaitu tuan Roderick. Ternyata Tuan Restarick dan Nyonya Restarick pun tidak tahu sama sekali bahwa Norma telah menghilang.  Guna mencari keberadaan Norma,Poirot mencoba segalanya termasuk menemui kekasih Norma yaitu David Baker di rumahnya. Mengetahui bahwa Poirot terlalu ikut campur mengenai Norma membuat ibu tirinya Norma menjadi kesal padanya.

Selanjutnya, Nyonya Oliver menemukan petunjuk kedua saat dia bertemu dengan David dan Norma di sebuah kafe. Dia menghubungi Poirot dan segera bertemu dengannya, tetapi ketika dia membawa kekasihnya ke sebuah tempat studio, Nyonya Oliver mengetuk pintu dan mendapatkan Norma tidak ada dimanapun, mereka menduka John Stilingfleet telah menculik Norma. Segera setelah mendapatkan kabar tersebut, Ayah Norma (Andrew Restarick) merekrut Poirot untuk terus mencari Norma, dia juga berpesan pada Poirot agar polisi tidak dilibatkan dalam kasus Norma ini.

Belum selesai dengan misinya untuk menemukan Norma,Bahkan tuan Roderick yang ternyata adalah paman dari Norma juga meminta bantuan pada Poirot untuk menemukan suratnya yang hilang saat perang kedua yang kini menimbulkan efek memalukan, meski perhatian Poirot jatuh kepada asistennya tuan Roderick yaitu Sonia.

Nyonya Oliver telah menemukan petunjuk selanjutnya yang ia dengar saat ia berada di rumah Borodene dimana seorang wanita dikatakan bunuh diri dengan melemparkan dirinya sendiri keluar jendela. Poirot lantas berpikir apakah kasus pembunuhan itu yang ingin Norma ceritakan. Poirot menginvestigasi wanita tersebut dan menemukan bahwa namanya ialah Louise Carpenter, dan itu adalah nama dari wanita yang ayahnya Norma pernah cintai beberapa tahun yang belakangan.

Kemudian, Stilingfleet menghubungi Poirot dan mengatakan bahwa Norma datang sendiri kepadanya, Norma melihat pesan di koran dimana menyuruhnya untuk menghubunginya ke kamar, dimana diceritakan dia ditemukan oleh Frances Cary teman sekamarnya berdiri di seberang tubuh kekasihnya yang telah meninggal dan juga membawa pisau, di tangannya. Norma mengklaim pertanggungjawabannya kepada tetangga mereka yaitu nona Jacobs. Norma pun juga telah diduga meminum sejumlah obat yang membuatnya makin menjadi tersangka terduga.

Di akhir cerita, Poirot mengungkap bahwa pria yang selama ini mengaku menjadi ayahnya Norma adalah seorang penipu bernama Robert Orwell,dia berpura-pura menjadi Tuan Restarick setelah tuan Restarick yang sesungguhnya telah meninggal di Afrika. Orwell menyuruh kekasih Norma,David Baker untuk membuat lukisan palsu yang sama dengan yang aslinya sehingga membuat semua orang berfikir bahwa “Restarick” yang baru terlihat 15 tahun sama seperti saat pasangan itu dilukis, dan untuk Mary Restarick yang mengaku sebagai ibu tiri Norma,selama ini dia hidup menjadi dua orang,yang satu menjadi Mary, ibu tiri Norma, yang satu lagi sebagai Frances Cary,teman sekamarnya Norma,hanya saja ia menggunakan wig. Penipuan mereka telah terungkap oleh dua orang yaitu David Baker yang telah diperas oleh Orwell untuk lukisan tersebut, dan Louise Carpenter, yang tahu bahwa keluarga Restarick telah ditipu oleh Orwell. Plot pembunuhan inilah yang telah membunuh keduanya, Orwell juga ingin membuat Norma menjadi pembunuh sesungguhnya. Norma sesungguhnya tidak pernah berada di kamarnya Louise. Para penipu itu dengan mudahnya mengganti angka 7 dan 6 di depan kamarnya. Selama ini “tiga wanita” di kamar tersebut yang seharusnya mendapatkan perhatian bukanlah Norma melainkan Frances. Di akhir novel, Stillingfleet yang telah meyakini bahwa Norma itu sebenarnya tidak bersalah akhirnya menikahi Norma.

One thought on “[Tugas Jurnalistik 2] Sinopsis Novel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s