[Tugas Jurnalistik 2] Judul Novel dan Biografi Penulis

Judul Novel : Third Girl oleh Agatha Christie

Biografi Agatha Christie

Agatha Mary Clarissa Miller lahir pada 15 September 1890 di Torquay , South Devon. Ayah Agatha adalah Frederick Alvah Miller (1846-1901), seorang pialang saham Amerika dengan pendapatan yang independen, tapi dia meninggal ketika Agatha baru berusia 11 tahun. Sementara itu, ibunya, Clarissa “Clara” Margaret Miller (nee Boehmer)(1855-1926) adalah putri seorang kapten tentara Inggris . Agatha adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Kakaknya adalah Louis Montant “Monty” Miller (1880-1929), dan Margaret Frary “Madge” Miller, 11 tahun lebih tua (1879-1950).

Karena perbedaan usia yang cukup jauh dengan saudaranya, kakak-kakak Agatha sedang bersekolah sementara dia tumbuh dewasa, Agatha harus belajar untuk menghibur diri sendiri. Di saat kesendirian dan kebosanan, saat itulah imajinasi Agatha berkembang.Agatha tidak pernah bersekolah. Ia  dididik di rumah oleh ibunya dan sesekali diberi tutor paruh waktu.Ibunya mendorongnya untuk menulis puisi dan cerita pendek . Beberapa puisi dikirimkan  ke The Poetry Review, tetapi tidak diterbitkan. Seorang teman dari keluarga, Eden Philpott, juga mendorong minat menulis Agatha, dan mengirimkan  salah satu dari naskah pertama Agatha yang berjudul Snow upon the Desert kepada agen literatur di London, sayangnya tidak berhasil juga untuk dapat diterbitkan.

Pada usia 16 tahun, Agatha disekolahkan di Paris selama dua tahun untuk belajar menyanyi dan piano  yang merupakan pendidikan formal pertamanya. Agatha adalah pianis yang handal namun sifat pemalu dan ketakutan menghalanginya dalam berkarir di bidang musik. Setelah menyelesaikan sekolah di Paris, Agatha menghabiskan tiga bulan di Mesir dengan ibunya. Ibu Agatha menjadi gelisah tanpa suaminya dan mulai melakukan perjalanan, sering membawa Agatha dengannya. Pada tahun 1912, Agatha resmi bertunangan dengan Reggie Lucy, seorang mayor di The Gunners. Namun kemudian ia bertemu dan jatuh cinta dengan Letnan Archibald Christie dari Royal Field Artillery. Dua tahun kemudian, Agatha dan Archibald menikah dengan lisensi khusus di gereja paroki Emmanuel, Clifton, Bristol, pada tanggal 24 Desember 1914.  Selama Perang antara Inggris dan Prancis, Agatha Christie bekerja sebagai perawat VAD nurse (Volunteer Aid Detachment nurse) di Rumah Sakit Palang Merah Torbay, Torquay, tempat perawatan korban Perang. Setelah bekerja di bidang keperawatan selama 2 tahun, Christie bekerja di klinik dimana ia belajar kimia dasar dan pengetahuan tentang farmasi dan obat-obat tradisional.

Agatha Christie berimajinasi dengan ide menulis novel detektif untuk beberapa saat, meskipun kakaknya mengklaim bahwa ia tidak mampu. Pengetahuan baru nya mengenai racun dan keinginan untuk membuktikan kakaknya salah akhirnya yang menginspirasi  Agatha untuk mulai menulis pada usia 25 tahun. Setelah menyelesaikan setengah buku, keluarganya menyarankan agar ia pergi ke hotel Dartmoor untuk menyelesaikan novel ini. Dalam suasana damai dan tenang daerah Dartmoor selama musim panas tahun 1916,naskah The Mysterious Affair at Styles selesai dalam waktu dua minggu.Archie Christie direkomendasikan untuk mengirimkan  naskahnya dikirim seorang teman yang merupakan direktur di sebuah penerbit, Methuen. Setelah 6 bulan menunggu, Methuen menolaknya. Penerbit lain didekati, dengan hasil yang sama. Kemudian naskah itu diserahkan kepada Kepala Bodley. Setelah penundaan hampir 2 tahun, Kepala Bodley menerima buku itu, tapi ia menyarankan pengubahan bab terakhir dan perubahan lainnya. Pada akhirnya , The Mysterious Affair at Styles  diterbitkan pada tahun 1920.

Pada tahun 1927 ibu Agatha meninggal, dan tak lama kemudian tragedi hidup Agatha berlanjut dengan runtuhnya pernikahannya dengan Archie Christie. Archie dan Agatha Christie bercerai pada tahun 1928. Selama masa traumatis ini, Agatha Christie menghilang selama 10 hari sejak 3 Desember 1926. Mobil Agatha Christie Morris Cowley ditemukan ditinggalkan di lereng di Sudut Newlands, dekat Guilford, Surrey. Agatha akhirnya ditemukan tinggal di sebuah hotel di Harrogate.Agatha mengaku bahwa dia menderita amnesia dan gangguan saraf, setelah kematian ibunya dan berakhirnya pernikahannya. Namun Agatha Christie tidak pernah menyebutkan ini sesudahnya, bahkan dalam autobiografinya.

Pada tahun 1930 Agatha Christie mengunjungi Baghdad untuk kedua kalinya, bahwa dia bertemu dan jatuh cinta dengan Max Mallowan, seorang arkeolog yang usianya empat belas tahun lebih muda.Pada 11 September 1930 Agatha Christie menikah dengan Max Mallowan. Mereka tetap menikah selama 46 tahun, sampai kematiannya pada tahun 1976 Pada tahun 1932 Agatha Christie menerbitkan novel pertama dari enam novel roman psikologis di bawah nama samaran, Mary Westmacott. Pada tahun  1949, The Sunday Times mengungkapkan bahwa Ms Westmacott sebenarnya Agatha Christie.

Tahun 1930an adalah masa paling produktif Agatha Christie untuk memproduksi novel . Empat belas novel Hercule Poirot, dua novel Jane Marple, dua buku Inspektur Battle, satu buku cerita yang menampilkan Harley Quin dan satu menceritakan  Mr. Parker Pyne, empat novel misteri non-serial, buku Maria Westmacott, dan dua pemain asli. Selama Perang Dunia Kedua (1939-1945), Agatha bekerja paruh waktu di apotik London’s University College Hospital. Waktu menulisnya  terbatas pada malam hari, tetapi dia masih mampu menghasilkan 12 novel. Selama Perang Dunia II, Agatha Christie menulis dua novel ““Curtain” and “Sleeping Murder”, sebagai kasus terakhir dari dua detektif hebat, Hercule Poirot dan Jane Marple. Kedua buku itu disegel dalam brankas selama lebih dari tiga puluh tahun, dan hanya dirilis untuk publikasi oleh Agatha Christie menjelang akhir hidupnya.

Agatha Christie menemani suaminya Max Mallowan dalam ekspedisi arkeologi selama hampir 20 tahun, dan bukunya Come Tell Me How You Live menggambarkan hari-harinya pada penggalian arkeologi di Suriah. Untuk menghormati banyak karya sastra-nya, Agatha Christie dianugerahi Commander of the Order of the British Empire pada tahun 1956. Pada tahun 1957 Agatha menjadi President of the Detection Club • Dan pada tahun 1971 Agatha Christie Order of Dame Commander of the British Empire ,membuat namanya bergelar Dame Agatha Christie. Suaminya memperoleh gelar kebangsawanan Sir Max Mallowan pada tahun 1968 untuk pengabdian arkeologinya.

Agatha Christie, dalam kondisi kesehatan yang buruk selama beberapa tahun, meninggal dengan tenang di rumah pada tanggal 12 Januari 1976, dalam usia 85 tahun. Dia meninggal di Wallingford, Oxfordshire. Dia dimakamkan di St Mary Churchyard, di Cholsey, Oxon.Novel Sleeping Murder danMiss Marple’s last case diterbitkan setelah kematiannya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s