[Tugas] Jurnalistik 1 – Membuat Berita Interpretatif

1412629565648841364

(Sumber foto : metro.kompasiana.com)

Nama : Sarah Aisyah

Kelas  : 3SA01

NPM   : 16612834

Topik : Tarif KRL akan naik 

Direncanakan mulai tanggal 15 Oktober 2014, PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ) akan menaikkan tarif kereta rel listrik (KRL) Commuter Line demi meningkatkan fasilitas pelayanan mereka kepada penumpang kereta. Peningkatan fasilitas antara lain dalam hal perbaikan toilet umum,mushala,bangku tunggu penumpang,dan penambahan armada. Tarif Commuter Line yang akan dinaikkan adalah untuk lima stasiun pertama yang semula Rp 2.000 akan menjadi Rp 5.000. Sedangkan untuk setiap tiga stasiun berikutnya, tarifnya tidak berubah, yaitu Rp 500. Beliau mengatakan bahwa setelah perbaikan di berbagai sisi dilakukan maka tarif pun akan segera disesuaikan.  Peningkatan fasilitas pelayanan kepada penumpang di atas berpengaruh terhadap Rencana Kerja dan Tahun Anggaran Perusahaan sehingga terjadi peningkatan besaran biaya operasi perjalanan KRL.

Tetapi seharusnya sebelum melakukan perencanaan untuk menaikkan harga tarif untuk meningkatkan fasilitas di stasiun,alangkah baiknya kalau peningkatan mutu layanan terhadap penumpang di dalam kereta lebih didahulukan,banyak penumpang KRL saat ini mengeluhkan keadaan kereta daripada pelayanan fasilitas di stasiun tersebut. Kebanyakan mengeluhkan tentang kedatangan kereta yang terlambat, keegoisan masing-masing penumpang dalam masalah tempat duduk dan masih seringnya kereta mengalami gangguan ataupun anjlok. Penumpang beranggapan bahwa seharusnya pihak KRL lebih mementingkan masalah-masalah ini terlebih dahulu. Dalam masalah kedatangan kereta yang terlambat saja sudah membuat penumpang agak kesal dengan kendaraan yang seharusnya bisa membuat penumpang senang karena bisa sampai ke tempat tujuan lebih cepat tapi jika kereta pun datangnya terlambat bagaimana bisa KRL di Indonesia membuat masyarakat lebih memilih mereka dibandingkan dengan membuat macet jalan raya dengan mobil pribadi mereka masing-masing. Soal masalah keegoisan,memang seharusnya dibenahi dari diri kita sendiri,tapi dari pihak kereta pun seharusnya bisa lebih tanggap dalam hal-hal semacam ini.

Jadi sebaiknya sebelum harga tarif dinaikkan, pelayanan di dalam kereta harus ditingkatkan, jangan melakukan sesuatu yang lain jika masalah yang harusnya lebih diutamakan malah tidak di selesaikan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s