[Trivia] Loen Entertainment’s family

LOEN ENT

Sekilas Sejarah tentang LOEN Entertainment :

Agensi ini sebelumnya didirikan pada tahun 1978 sebagai bagian dari YMB Sisa,yang menciptakan kaset belajar bahasa oleh pendirinya yaitu Min Young Bin. Pada tahun 1982, perusahaan ini secara resmi terdaftar dan pada tahun 1984 mereka mulai mendistribusikan dan memproduksi rekaman musik klasik dan tradisional. Seoul Records terdaftar sebagai modal perusahaan pada tahun 1999 dan mulai menjual album sementara juga mengoperasikan situs belanja internet (Online). Pada tahun 2000, perusahaan ini berganti nama menjadi YMB Seoul Records dan mulai menjual saham di KOSDAQ. Perusahaan kemudian akan melanjutkan untuk bergabung dengan “Persatuan Federasi Internasional Industri Phonografis” pada tahun 2003. Konglomerat Korea SK Telecom membeli 60% perusahaan pada tahun 2005, membuat mereka (SK Telecom) menjadi pemegang saham perusahaan terbesar. YMB Seoul Records juga menjadi bagian dari Grup SK. Pada 2008, Seoul Records berganti nama menjadi Loen Entertainment. LOEN kemudian sempat terbagi menjadi dua sub-agensi “LOEN Tree” (yang dikelola oleh Jo Yeong-cheol) dan “Collabodadi” (yang dikelola oleh Shinsadong Tiger). Pada tanggal 18 Desember 2013, LOEN meraih 70% saham di Starship Ent, yang menjadikan Starship adalah sub independen dari LOEN.

Pada tahun 2009 Loen Ent ditugaskan mengoperasikan pendistribusian musik secara online di Melon oleh SK Telecom. MelOn saat ini adalah situs penjualan online musik yang paling banyak digunakan  di Korea Selatan.

Penjualan musik online memberikan 93,9% dari pendapatan keuntungan perusahaan. Loen juga mendistribusikan CD dari beberapa Agensi entertainment lainnya di Korea Selatan oleh perusahaan Music cabang Loen.

Loen menyatakan bahwa visinya mereka adalah untuk menjadi perusahaan hiburan terkemuka di Korea Selatan dan misinya adalah untuk membuat pelanggan senang merancang hiburan dan gaya hidup .

Loen singkatan dari :

  • Live On Entertainment Networks
  • Love + Entertainment

Saat ini CEO di Loen adalah Shin Won Soo,dan alamat perusahaan terletak di : 서울 강남구 삼성동 168-23 정석빌딩 (Jeongseok Building,168-23,Samseong-Dong,Gangnam-Gu,SeoulKorea 135-882 TEL.82-2-2280-7700) *kalau mau main ke Korea,dicatet yaa..siapa tau bisa ketemu sama artis LOEN*

~All Loen Artist~

(Singer)

iu

IU (Lee Jieun)

IU adalah salah satu trainee generasi pertama di Loen (bersama MBLAQ Thunder,Fiestar Hyemi,SPICA Boa),dan IU debut di tahun 2008 dengan lagu “Missing Child (Mia)”. Bisa dibilang IU juga salah satu sunbae (senior) di Loen,tetapi ia juga merupakan salah satu maknae nya Loen. Di album gabungan “Loen Tree”,IU mengambil part featuring dengan grup Fiestar dengan lagu “Sea of Moonlight”. Tahun 2013 ini ia akan disibukkan dengan menjadi pemain utama di drama terbarunya “You’re the best Lee Soon Shin”,comeback dengan album Jepang di bulan maret dan album korea di bulan mei. Menurut artis-artis LOEN,IU ini ibarat seorang CEO di LOEN karena selalu mendukung semua aktifitas artis baik yang lagi comeback atau baru debut,dan selalu aktif update tentang yang baru mengenai artis-artis LOEN,jadi tak jarang dia jadi sunbaenim yang paling disayang di LOEN.

Zia-selca

Zia (Baek Ji Hye)

Zia,Penyanyi Ballad satu ini debut di tahun 2007 di bawah agensi Taewon entertainment,setelah merampungkan mini album-nya yang berjudul “Orchestra” sekitar tahun 2009 dia meninggalkan agensi lamanya dan pindah ke Loen. Di album Loen Tree,ia berduet dengan Labelmatenya Sunny Hill untuk lagu “Brave Girls”. Dan pada tahun 2012,ia pun comeback juga dengan lagu “For a year” yang MV-nya menampilkan B.A.P Yongguk,B1A4 Baro,dan ZE:A Siwan. Selain comeback,Zia juga lumayan aktif dalam masalah mengisi soundtrack (OST) sebuah drama.

Sunny Hill

Sunny Hill (Co-ed Group-> Girlgroup)

Satu-satunya grup campuran di LOEN yang berisikan 1 laki-laki (Janghyun,saat ini sedang menjalankan Wajib Militernya) dan 4 perempuan (Jubi,Kota,Seung ah,dan Misung). Mereka ini debut bukan di LOEN melainkan di “For Everyone Media” pada tanggal 20 September 2007,tetapi pada awalnya mereka hanya debut dengan 3 member (Janghyun,Jubi dan Seung Ah),pada tahun 2010,mereka pindah ke Nega Network (agensinya BEG),kemudian Kota masuk menjadi anggota Sunny Hill.Dan saat BEG Narsha mempromosikan “Mamma Mia” grup ini menambahkan member baru yaitu Misung. Baru pada tahun 2011,mereka pindah dan bergabung dengan LOEN (Jadi saat mereka pindah ke LOEN sudah dengan formasi 5 member) dan merilis “Midnight Circus” pada tanggal 3 Juni 2011. Di album Loen Tree,mereka berduet dengan Zia dan mereka di tahun 2012 comeback dengan lagu “Goodbye to Romance”. Setelah keluar dari wamil,Janghyun memutuskan untuk keluar dari Sunny Hill dan menjadi salah satu produser di LOEN, menjadikan Sunny Hill kini sebagai Girlgroup bukan Co-ed group lagi.

Fiestar

Fiestar (Girl Group)

Girlband LOEN ini resmi debut dengan singel “Vista” pada tanggal 31 Agustus 2012 ini beranggotakan 6 member [4 member dari Korea (Jei,Linzy,Hyemi dan Yezi),1 member dari USA (Cheska),dan 1 member dari China (Cao Lu)]. Rata-rata masa trainee mereka adalah 4 tahun,tetapi mereka dibentuk dan dilatih untuk grup “Fiestar” selama 2 tahun. Trainee terlama di Fiestar adalah Hyemi,dia 1 generasi dengan IU. Di album Loen Tree pun,mereka berduet dengan IU,sekaligus untuk memperkenalkan Fiestar. Baru-baru ini di bulan november tahun 2012 mereka comeback dengan single “We Don’t stop”.

HISTORY (2)

HISTORY

Boygrup pertama LOEN ini mengambil nama History yang berartikan (His Story) debut pada tanggal 26 April 2013 ini di Music Bank dengan lagu berjudul “Dreamer” (narasi oleh IU) beranggotakan lima orang (Song Kyung il,Na Do Kyun,Kim Jaeho,Kim Sihyoung,dan Jang Yijeong) LOEN menjelaskan bahwa History adalah sebuah alternatif grup,dan mereka tidak akan mengikuti tren dari grup lainnya,tetapi mereka berlima menciptakan musik mereka sendiri,terbukti dari lagu dan MV “Dreamer” yang keluar tanggal 26 April ini,respon dari netizen sangat baik kepada History. Fandom untuk History adalah “Storia” (dalam bahasa itali artinya adalah sejarah,jadi fans History ikut mengukir sejarah bersama member History)

yoon hyun sang

Yoon Hyun Sang (Finalist of Kpop Star)

Finalis Kpop Star ini pernah berduet dengan Sunny Hill Jubi (Labelmate-nya) dia dengan apik memainkan piano sambil ikut melantunkan lagu “Cold Day”.  Diberitakan pula,IU pun pernah hadir untuk menonton acara ini. *kalau tidak salah ia hadir bersama member Miss A dan MC Boom* Dan di tahun 2014, akhirnya dia resmi debut dengan lagu “When would it be” (featuring IU).

artikel terkait :Yoon Hyun Sang Signs on with LOEN ent (cr:allkpop)

Shin Jisoo

Shin Ji Soo (Finalist of Superstar K3)

Segera setelah acara ini berakhir,pada tahun 2012 ia dikabarkan akan menandatangani kontrak dengan LOEN. Dan akhirnya ia memang bergabung di LOEN. Dan pada tahun 2013 ini meskipun ia masih terhitung menjadi trainee,ia telah melakukan duet dengan salah satu produser+singer-songwriter ternama di LOEN yaitu Ra.D berjudul “It’s been a while”.

artikel terkait : Shin Ji Soo Signs Contract with LOEN ent (cr: koreanindo)

ACTOR

kim seok hoon

Kim Seok Hoon

Aktor yang debut pada tahun 1998 (wahh aku baru 3 tahun) melalui dramanya SBS “Hong Gil Dong”,tapi dari sekian dramanya,drama yang pernah ku tonton cuma Sparkling/Twinkle,aktor ini menandatangani kontrak eksklusif pada bulan februari tahun 2012 kemarin.

Jo Han Sun

Jo Han Sun

aktor ini debut di tahun 2001 diawali dengan sebagai bintang iklan bir,dan pada tahun 2004 ia juga sukses membintangi drama “Temptation of Wolves”. Ia menandatangani kontrak di waktu yang bersamaan dengan Kim Seok Hoon. Dengan kedua ahjussi kece ini masuk LOEN,menandakan mulai saat itu,LOEN adalah agensi tidak hanya untuk penyanyi saja,melainkan untuk di bidang akting juga.

Lee Jung Hyuk

Lee Jung Hyuk

Dia aktor ketiga yang berada di bawah agensi LOEN,dia terhitung masih rookie (baru),debut sebagai bintang iklan,dan pernah bermain di musikal “On air chocolate” dan drama “Kiss in the city” dia juga pernah menjadi model MV dari penyanyi Wanted dan 1TYM. Baru2 ini,Dia menjadi Model MV untuk Ra.D bersama aktris Kim Seul Gi yang berjudul “Thank You,Thank You”. (But..He’s a little handsome in my eyes~~)

Producers

Won Taeyeon
G.Gorilla
Lee Minsoo
Hwang Sooah
Ra.D
Janghyun

Trainee in LOEN :

 

Jang Lee Jung

Jang Lee Jung (Birth of a Great Star season 2) *sudah debut*

Beberapa netizen mengatakan ia adalah “IU versi pria” karena suaranya yang katanya tinggi,seperti IU.  Tanggal 29 Februari,LOEN mengungkapkan bahwa ia resmi sudah menjadi trainee di LOEN. Dan sekarang dalam tahap debut bersama 4 member pria lainnya membentuk boy grup pertamanya LOEN,yaitu History (His Story) pada tanggal 26 April.

*FACT* Ternyata IU pernah mengunjungi salah satu mentor di “Birth of a Great Star 2” yang juga sudah ia anggap sebagai ayahnya sendiri yaitu Yoon Sang

artikel terkait : Jang Lee Sung signs contract with LOEN ent (cr: allkpop)

Cho Hyung Woo

Cho Hyung Woo (Finalist of Birth of a great star season 1)

Pada tanggal 6 Maret,LOEN ent telah mengkonfirmasi bahwa ia telah menandatangani kontrak ekslusif dengan LOEN

artikel terkait : Cho Hyung Woo Signs with LOEN ent (cr:dkpopnews)

Kim Bo Sung (Former of GirlGroup,Miji)

artikel terkait : [Group] Miji (cr:jpopasia)

Former Singer :

Ga-In

Brown Eyed Girls Gain

Di tahun 2011,Setelah merampungkan album ke-empatnya bersama Brown Eyed Girls,Gain menandatangani kontrak dengan LOEN untuk mengatur projek solo dan karir aktingnya. Selain projek solonya,dia juga masih di bawah agensinya bersama “Brown Eyed Girls” di Nega Network. Selain itu di album Loen Tree,Gain berduet dengan Ra.D untuk lagu “Take Out”. Dan di tahun 2012,ia comeback dengan “Bloom”. Di tahun 2013 ini,Ia menjadi Model MV di MV terbarunya Psy yang berjudul “Gentleman”. Sekarang bergabung di Agensinya Yoon Jongshin Mystic Ent.

Run

Run (런, E-Bul, Song Won-keun,Ballad Singer)

persisnya kapan ia keluar dari LOEN nya aku kurang tahu,tapi aku akan menjelaskan yang aku tahu tentang RUN oppa~ dia adalah penyanyi ballad juga selain Zia di LOEN,dulu ia sebelum menjadi penyanyi solo pernah bergabung di grup yang bernama OPPA (Onni Potenza Per Avanzare),banyak selebritis yang menyukai tipe suaranya oppa yang satu ini,seperti Baek Jiyoung,Kahi,Kan Mi Yeon,dll. Bahkan IU pernah mengatakan bahwa RUN oppa adalah seseorang yang ia suka dan yang membantu IU di masa lampau (kemungkinan saat masih menjadi trainee)

artikel terkait : About Run (cr:allkpop)

Former Trainee :

Thunder

MBLAQ Thunder (Park Sang Hyun)

Yap…salah satu sahabat IU ini memang awalnya trainee di LOEN,tetapi akhirnya dia pindah ke J.Tune,sebelum sempat debut di LOEN. Tapi saat ini ia masih menjalin hubungan yang cukup baik dengan LOEN dan artis2nya karena pernah menjadi bagian dari Loen juga.

jaehyo

Block B Ahn Jaehyo

Visual Block B ini juga pernah menjadi trainee di LOEN,sebelum di Block B dia adalah seorang ulzzang,dan kenal dekat dengan banyak selebritis karena selain trainee di LOEN,dia pernah menjadi trainee di DSP,Cube,dan J.Tune

spica boa

SPICA Kim Boa

Leader Spica yang sering gonta ganti warna rambut ini,termasuk ke generasi pertama trainee di LOEN,IU mengungkapkan bahwa ia sudah mengenal Boa sejak ia menjadi trainee,dia juga mengungkapkan bahwa ia bangga pada unninya ini,karena saat trainee ia dan Boa sangat lemah dalam hal menari,tetapi ia bangga bisa melihat unninya debut.

 

LOEN ent Distribution Company :

Cube Entertainment (co-distribution with UMG Korea)

[Artist : Beast,4minute,A-pink,dll]

JYP Entertainment

[Artist : 2PM,2AM,Wonder Girls,Miss A,dll]

Pledis Entertainment (co-distribution with Sony Music Korea)

[Artist : After School,Son Dambi,Nu’est,dll]

TS Entertainment

[Artist : Secret,B.A.P,dll]

Woollim Entertainment

[Artist : Infinite,Nell,Tasty,dll]

Stardom Entertainment

[Artist : Block B,EvoL]
Starship Entertainment

[Artist : Boyfriend,Sistar,K.will]
Star Empire Entertainment

[Artist : ZE:A,Jewelry,dll]

NAP Entertainment

[Artist : C-REAL]
Next Star Entertainment
B2M Entertainment

[Artist : SPICA]

Core Contents Media

[Artist : T-ara,Davichi,5dolls,Speed,The Seeya]

Dream Tea Entertainment

[Artist : Girls Day]

WS Entertainment

[Artist : Baek Jiyoung,Song Chang Ui,Ha Dong Kyun,etc]


Jungle Entertainment

[Artist : Tiger JK,Lessang,Jung In,Yoon Mirae,dll]

T.O.P Media

[Artist : Teen Top]


Trophy Entertainment
Nega Network 

[Artist : Brown Eyed Girls,Lunafly,Yoari,dll]

YMC Entertainment 

[Artist:Ailee]

[NOTE: Karena banyak agensi / perusahaan yang berkerjasama dengan LOEN inilah alasan mengapa terkadang MV dari grup agensi tersebut yang mengeluarkan/mendistribusikannya adalah LOEN]

———————————————————————————————————————————————————————-

*sekilas* Fakta-Fakta dari keluarga LOEN :

  1. IU dan BEG Gain muncul di teaser MV pertamanya Sunny Hill setelah bergabung dengan LOEN “Midnight Circus”
  2. Jjuguri adalah nama geng yang berisikan IU,MBLAQ Thunder,Fiestar Hyemi,dan Kim Sunggu
  3. Sebelum debut,Fiestar Hyemi dan Jei adalah Backdancer IU di MV “You & I”
  4. Tak jarang artis LOEN menggunakan Produser yang sama,Komposer yang sama,Dancer yang sama,dll
  5. Saat pembuatan MV Fiestar “Vista”,IU datang mengunjungi tempat syuting,dan mendapatkan tandatangan dari Cheska
  6. Mereka masing-masing saling mendukung satu sama lain jika ada yang sedang melakukan promosi/comeback
  7. Pada saat Sunny Hill sedang promosi “The Grasshopper song” IU dan Thunder  pernah ikut berpartisipasi dalam menyanyikan partnya Janghyun (karena saat itu ia sudah melakukan wajib militer)
  8. Choi Kap Won (Mantan PD di LOEN,yang juga produser yang membuat nama IU terkenal) pada tahun 2011 membuat sebuah girl grup (C-REAL) dan IU sangat mendukung mereka saat itu,mereka diberikan nickname “5-IU idols” dan bahkan model MV debut mereka adalah mantan trainee LOEN dan juga member MBLAQ yaitu Thunder~🙂
  9. IU dan Sunny Hill dijuluki “LOEN’s Princess”
  10. Sunny Hill mengungkapkan bahwa IU adalah team Leader of Publicity di LOEN,mereka mengatakan bahwa IU selalu memperhatikan mereka,bahkan saat ia mendapatkan award,dia tidak lupa untuk menyebutkan nama kami,IU juga memonitori setiap penampilan kami (aku jadi bingung,IU udah kayak CEO nya LOEN yaa jadinya..hahaha^^)
  11. Member Fiestar favorit IU adalah Cheska
  12. Rookie aktor Lee Junghyuk menjadi pemeran utama bersama aktris Kim Seul Gi (Flower boy next door) di MV nya Ra.D “Thank you,thank you”
  13. Sebelum debut,Leader History,Song Kyung Il adalah pria yang menjadi dancer di PV IU “Beautiful Dancer” dan menjadi back dancer IU juga di lagu “Cruel Fairy Tale”
  14. Dalam proses History untuk debut,Sunny Hill Misung membuat lirik rap untuk “Dreamer”,Fiestar Jei muncul di setiap trailer semua member,IU mengisi bagian narasi di lagu “Dreamer”
  15. pada hari pertama HISTORY debut dan tampil di Music Bank,IU menyempatkan hadir untuk mendukung mereka di sela kesibukan syuting dramanya
  16. Sunbaenim lainnya,BEG Gain datang mendukung History di Inkigayo tanggal 5 mei 2013
  17. LOEN sempat membagi menjadi dua sub agensi,LOEN tree (History,IU,Sunny Hill) dan Collabodadi (Fiestar,Zia) tetapi LOEN memutuskan bahwa Fiestar dan Zia bergabung kembali di Loen tree,jadi sekarang tidak ada Collabodadi,adanya Loen tree.

CREDIT : LOEN entertainment Profile (cr: wikipedia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s